Diagnosa Penentu Sakit Kepala


Sakit kepala ringan mungkin bisa disembuhkan dengan meminum obat penghilang sakit kepala atau cukup dengan istirahat. Tapi, tidak dengan sakit kepala berat yang perlu diagnosa tepat, yang salah satunya untuk menghindari kanker otak.

Dijelaskan oleh Dr Alfred Sutrisno, SpBS, penyakit tumor otak pada prinsipnya bisa disembuhkan jika kita dapat melakukan tindakan operasi dengan mengambil semua jaringan tumor.

“Tapi, tidak dengan jaringan tumor yang ganas karena meskipun kita telah mengambilnya secara total, nanti akan tumbuh lagi,” tutur Alfred.

“Jika Anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan tadi, maka segera lakukan pemeriksaan diri dan dengan melakukan pemeriksaan MRI,” tambahnya.

Ahli bedah saraf Rumah Sakit Mayapada, Tangerang, Dr Syafrizal Abubakar, SpBS, menambahkan bahwa angka pasti kasus maupun kejadian tumor otak di Indonesia memang tidak ada. Namun, prevalensinya lumayan tinggi. Bisa dikatakan, memeriksa tumor otak dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Misalnya untuk pemeriksaan dini dengan MRI, pasien mau tidak mau mengeluarkan biaya minimal Rp900 ribu.

Bila harus menjalani operasi, diperlukan biaya Rp60-70 juta. Tumor otak bisa menyerang kapan dan siapa saja. Faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan cepat saji yang berlebih serta lingkungan yang tidak sehat, radikal bebas, serta radiasi pabrik kimia menjadi faktor risiko penyakit ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: