Waspada Bila Nyeri Haid Lebih dari 3 Hari


Nyeri atau kram perut, biasa dialami wanita saat masa menstruasi tiba. Nyeri di bagian bawah perut itu merupakan gejala normal yang biasa terjadi, biasanya berlangsung 1 hingga 2 hari. Bila lebih dari itu, apalagi disertai keluhan lain seperti mual, muntah atau bahkan diare, Anda harus waspada. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan untuk mengetahui apakah ada penyakit lebih lanjut terkait organ reproduksi, seperti kista atau bahkan kanker.

Rasa yang tidak nyaman itu disebabkan karena kontraksi otot perut yang sangat intens saat mengeluarkan darah haid. Kontraksi itu kemudian menyebabkan otot menegang. Ketegangan otot ini tidak hanya terjadi pada otot perut, tetapi juga otot-otot penunjang otot perut yang terdapat di bagian; punggung bawah, pinggang, panggul, paha hingga betis, sehingga pada beberapa wanita, nyeri itu tak hanya di bagian perut, tapi menyebar hingga ke panggul dan betis.

Cara instan mengatasi nyeri yang bisa mengganggu kegiatan ini adalah mengonsumsi obat pereda nyeri haid. Umumnya jenis obat ini mengandung analgesik (pereda nyeri) dan antipiretik (pereda demam) dengan dosis rata-rata, dan dibuat sesuai izin Departemen Kesehatan RI.

Jenis obat ini memiliki khasiat 2 – 4 jam setelah dikonsumsi, dan tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari 8 pil per hari. Asalkan dikonsumsi sesuai aturan, tidak akan mengganggu kesehatan.

Ada pula beberapa cara alternatif yang bisa meringankan nyeri haid itu, di antaranya:

1. Lakukan kompresan panas pada bagian yang terasa sakit. Suhu panas diketahui bisa meminimalkan ketegangan otot. Akibatnya setelah otot relaks, rasa nyeri pun akan berangsur hilang. Jika mungkin, cobalah berendam dalam air hangat yang diberi tetesan aromaterapi agar otot di seluruh tubuh menjadi relaks.

2. Lakukan pijatan lembut pada bagian tubuh yang terasa pegal, sakit atau tegang.

3. Hindari mengenakan pakaian yang ketat menjelang atau selama haid.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: