Air Liur Bantu Pencernaan


Air liur (saliva) dalam mulut manusia berperan penting dalam proses pencernaan. Saliva mengandung berbagai enzim, salah satunya berfungsi sebagai pemecah awal karbohidrat dan lemak dalam makanan yang masuk melalui mulut.

Kandungan saliva terdiri atas 98 persen air; elektrolit mengandung natrium, kalium, kalsium, magnesium, klorida, bikarbonat, dan fosfat. Dua persen lainnya adalah lendir, yang mengandung komponen antibakteri, dan beberapa enzim.

Salah satu enzim yang terdapat pada saliva adalah amilase (pH optimal 7,4) yang berguna memecah karbohidrat dan lemak lipase sebelum makanan ditelan. Ada juga enzim Lysozyme yang bekerja menghancurkan bakteri, enzim opiorphin sebagai penghilang rasa nyeri. Masih ada pula lingual lipase yang ber-pH 4,0 dan tidak aktif hingga masuk ke dalam lingkungan asam lambung.

Bahkan, dalam air liur ada delapan juta sel manusia dan 500 juta sel bakteri. Nah, produk-produk dari bakteri inilah yang terkadang membuat saliva berbau tidak sedap.

Pada orang sehat, produksi saliva sekitar 0,75 liter hingga 1,5 liter per hari. Jumlahnya bervariasi tiap individu.

Saat tidur, kadang tidak ada produksi sama sekali. Karena itu, sebelum tidur, dianjurkan untuk selalu menggosok gigi agar gigi tetap bersih dan tidak rusak. Jika gigi tidak bersih saat tidur, kotoran tidak bisa dibersihkan karena tidak ada semprotan saliva yang berfungsi membersihkan kotoran dari gigi. Akibatnya, gigi gampang rusak, terjadi karies atau lubang gigi yang berakibat sakit gigi.

Ditulis dalam Kesehatan. Tag: , . 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Air Liur Bantu Pencernaan”

  1. Imelda Says:

    Adakah penelitian lebih lanjut mengenai saliva??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: