Kurang Tidur, Sulit Konsentrasi


Anak-anak usia 1-8 tahun yang tidur kurang dari 8 jam semalam cenderung bertindak hiperaktif dan sulit berkonsentrasi. Menurut penelitian di Finlandia, anak-anak itu berisiko tinggi terkena gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).

ADHD merupakan suatu gangguan perilaku yang ditandai dengan aktivitas berlebihan dan perilaku impulsif yang tidak sesuai dengan umurnya. Gejalanya antara lain seperti suka berlarian tanpa arah, tak pernah merasa lelah, fokus mudah terpecah, ceroboh dan kerap melakukan kesalahan impulsif.

Dari hasil riset yang melibatkan 280 anak-anak ini, para peneliti dari University of Helsinki meyakini bahwa durasi tidur sangat berkaitan dengan gangguan perilaku ADHD. Dengan memastikan anak-anak mendapatkan waktu tidur yang cukup, risiko munculnya gangguan tersebut dapat dikurangi.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics ini, dilakukan dengan memperhatikan durasi tidur pada anak-anak berusia 7-8 tahun. Selanjutnya, tim peneliti juga memberikan sejumlah tes yang telah dirancang khusus untuk mendiagnosa gejala ADHD. Hasil tes itu kemudian dibandingkan dengan lamanya waktu tidur anak.

Mereka yang tidur malamnya kurang dari 7 jam, memperoleh nilai yang tinggi dalam tes prilaku tersebut. Mereka cenderung terlihat lebih hiperaktif dan bertindak sesuka hati dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang memiliki jam tidur lebih panjang.

Ditulis dalam Kesehatan. Tag: , . 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Kurang Tidur, Sulit Konsentrasi”

  1. kaitokid724 Says:

    Teman netter join, populer artikel dan cari sebanyak-banyaknya teman di http://www.infogue.com

    http://penyakit.infogue.com/kurang_tidur_sulit_konsentrasi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: