Memasak Wortel Jangan Dipotong


Wortel disebut-sebut memiliki khasiat antikanker, karena mengandung suatu zat yang disebut Falcarinol. Selain obat kanker, wortel juga dipercaya bermanfaat untuk membersihkan dan menguatkan hati sehingga bisa meningkatkan semua fungsi sistem tubuh. Namun semua khasiat itu bisa melemah bila wortel tidak diolah dengan cara yang benar.

Sekelompok peneliti dari Newcastle, Inggris baru-baru ini menyebutkan cara memasak yang benar adalah dengan tidak memotong wortel kecil-kecil. Dr Kirsten Brandt, ketua tim peneliti itu mengatakan, jika dilakukan pemotongan maka luas permukaan wortel akan meningkat. Akibatnya, akan semakin banyak kandungan gizi terlarut dalam air selama proses memasak.

Selain karena alasan mempertahankan kandungan gizi, wortel yang dimasak tanpa dipotong juga akan memberikan rasa yang lebih nikmat. “Itu karena kandungan gula bertahan dan terkunci dalam wortel,” ujar Brandt seperti dikutip Reuters.

Kesimpulan tersebut berdasar studi yang baru-baru ini dilakukan terhadap 100 orang untuk membandingkan rasa antara wortel yang dimasak dengan cara dipotong dan wortel yang dimasak menyeluruh. Hasilnya, 80% peserta penelitian menyatakan rasa dalam wortel yang tidak dipotong lebih lezat.

Ditulis dalam Kesehatan. Tag: , . 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Memasak Wortel Jangan Dipotong”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: