Varises pada Testis Sebabkan Mandul


Varises terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah vena. Pada umumnya varises ini terjadi di daerah sekitar betis. Namun, varises ternyata juga dapat terjadi di testis pada pria. Varises pada testis, sering disebut pula varicocele, mengancam kesehatan reproduksi pria. Bahkan menurut beberapa ahli kesehatan, varises pada testis dapat menyebabkan kemandulan.

Ada beberapa teori yang melatarbelakangi pernyataan tersebut. Pelebaran pembuluh darah menyebabkan darah berkumpul di tempat tersebut. Akibatnya suhu menjadi naik. Peningkatan suhu menyebabkan sperma tidak aktif dan berkualitas rendah. Dalam keadaan yang demikian kecil kemungkinan terjadinya kehamilan.

Varises testis terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah vena di testis. Ditandai dengan adanya gumpalan berbentuk seperti cacing pada kantung testis yang akan terasa jika diraba. Dalam stadium ringan, gumpalan yang ada berjumlah sedikit. Sedangkan untuk stadium berat, jumlah yang ada cukup banyak.

Biasanya, penderita baru merasakan dampak dari varises ini ketika menginjak usia dewasa. Setelah bercinta, penderita varises akan merasa pegal dan sakit pada testisnya. Hal tersebut terjadi karena pada saat bercinta, testis berkontraksi untuk mengeluarkan sperma. Pada saat kontraksi, varises pada testis akan meregang dan kemudian timbullah rasa sakit.

Seperti varises pada umumnya, varises pada testis tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan. Selain melakukan operasi, satu-satunya yang dapat dilakukan adalah dengan mencegahnya.

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah varises testis:
1. Hindari penggunaan celana jins yang terlalu ketat karena celana yang ketat akan memberikan tekanan dan mengganggu fungsi testis.
2. Hindari berendam di air panas.
3. Hindari merokok dan minum alkohol.
4. Hindari stres.
5. Hindari duduk terlalu lama karena akan membuat testis dalam posisi tertekan.
6. Gunakan pakaian pelindung jika bekerja di tempat yang bersuhu panas.
7. Olahraga teratur.
8. Istirahat yang cukup.
9. Konsumsi vitamin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: