Waspadai Heatstroke


Musim panas seperti sekarang mungkin membuat Anda sering merasa kelelahan bahkan stres. Jangan sepelekan kelelahan karena panas, karena hal ini dapat mengakibatkan kematian, karena hal itu merupakan respon tubuh yang berlebihan kehilangan air dan garam melalui keringat.

Tanda-tanda panaslelah adalah banyak berkeringat, wajah pucat, otot kram, tubuh lelah, lemah, pusing, sakit kepala, mual dan muntah-muntah, pingsan, kulit terasa dingin dan lembab dan napas melemah.

Jika gejala ini berlanjutan bisa mengakibatkan heat stroke (stroke karena panas). Heat stroke yang serius dapat mengakibatkan kematian atau cacat permanen.

Heat stroke terjadi ketika tubuh tidak dapat mengendalikan suhu dan gagal dalam mengendalikan mekanisme pengeluaran keringat sehingga tubuh tidak bisa tenang. Tanda-tandanya, suhu tubuh sangat tinggi (mencapai 41 derajat celcius atau lebih tinggi dalam waktu 10-15 menit), kulit memerah, panas dan kering, kepala berdenyut, pusing, mual, bingung dan tidak sadar.

Bila gejala itu muncul, minumlah air dingin yang tidak beralkohol, istirahatlah, mandilah air dingin, masuk ke ruangan ber-AC dan kenakan pakaian tipis nan ringan. Bila suhu tubuh tidak segera turun, perlu bantuan medis secepatnya.

Bila gejala-gejala sudah parah, tindakan medis perlu diambil. Cobalah untuk minum air dingin yang tidak beralkohol, istirahatlah, mandilah air dingin, masuk ke ruangan ber-AC dan kenakan pakaian tipis nan ringan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: