Tak Takut Tersesat dengan GPS Navigasi


Apakah Anda hobi touring menggunakan mobil atau motor? Apakah Anda kerap bingung berada di jalanan kota besar yang macet dan tidak nyaman? Jika tak ingin tersesat, atau menginginkan rasa nyaman ketika berkendara, Anda harus memiliki GPS navigasi.


GPS navigasi adalah perangkat penerima sinyal global positioning system (GPS) sebagai penentu posisi. Peranti ini sanggup mencarikan lokasi secara lebih mudah dan terarah. Hasilnya, perjalanan menjadi lebih efisien, termasuk menentukan arah dan rute tujuan.

Teknologi ini mulai diperkenalkan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Dengan kelengkapan data yang ada, berbagai kemungkinan rute perjalanan dapat diperoleh. Hal ini sangat membantu Anda saat terjebak kemacetan. Dengan mudah, kita tinggal mengambil jalan terdekat, dan perangkat navigasi otomatis akan me-routing jalur baru untuk sampai ke tujuan.

GPS navigasi dapat dibawa atau dipasang di pesawat terbang, kapal laut, tank, kapal selam, mobil, dan truk. Alat penerima ini akan mendeteksi, melakukan pengodean, dan memproses sinyal satelit GPS.

Petugas kepolisian, pemadam kebakaran, serta pelayanan medis perlu menggunakan alat ini untuk mengetahui keberadaan mobil polisi, mobil pemadam, atau ambulans yang terdekat dengan tempat darurat.

Beberapa produsen mobil juga menawarkan displai peta yang dipandu GPS. Ketika melakukan koneksi GPS, dibutuhkan sekitar tiga menit untuk mengetahui posisi mobil. Tekan GPS dan konek. Semua peta, lengkap dengan nama jalan dan tempat layanan publik, pun akan terlihat.
Mencari Alamat
Setelah muncul tanda panah, pengendara dapat mencari alamat yang dituju dalam find as destination, dengan berbagai fitur. Mulai dari nama jalan, bandar udara, apartemen, ATM / bank, bangunan bersejarah, bengkel, kafe, dokter gigi, masjid, hotel, kantor polisi, pasar, sampai SPBU.

Di dalam kendaraan, GPS navigasi mendapat sinyal dari satelit untuk mengenali posisi. Tingkat akurasinya sangat baik, karena didukung 12 satelit di seluruh dunia. Tingkat akurasinya sampai 15 meter, sehingga pemetaan terjadi secara real time. Kursor bergerak sesuai dengan kecepatan mobil.

Yang menarik, di dalam layar ada informasi rute kapan harus belok kanan atau kiri untuk mencapai alamat yang dituju.

Kebanyakan produk GPS navigasi dirancang untuk memiliki kemaksimalan fungsi sekaligus kemudahan operasi. Salah satu fitur dalam perangkat yang mencerminkan komitmen ini adalah fasilitas voice guidance. Panduan suara dari fasilitas ini memungkinkan pengguna tetap fokus menyetir.

Jangan takut kesasar! Bahkan kalau Anda tidak menuruti kursor tanda panah yang ada, GPS tetap memandu alamat yang dituju dari jalan yang dilalui, sampai tiba di alamat tersebut. Bahkan, GPS navigasi juga dapat merekam jaringan jalan yang dilewati.

Caranya, aktifkan GPS, kemudian taruh di dashboard mobil atau ikatkan pada setang sepeda motor. Biarkan GPS merekam lintasan yang dilewati (track log).
Jika hal ini dilakukan terus-menerus setiap Anda keliling kota, maka dalam waktu singkat Anda akan memiliki peta kota tersebut secara lengkap.

Fasilitas map display yang tersedia juga memungkinkan Anda melihat persebaran objek secara spasial. Berbekal GPS yang berisi peta persebaran objek dan jaringan jalan, seseorang dapat memilih jalur yang akan dilalui atau menyusun suatu rute jika objek yang akan dikunjungi lebih dari satu.

Harga GPS navigasi sangat bervariasi, biasanya dipengaruhi keakuratannya. Keakuratan dipengaruhi oleh gangguan yang disebut multipath.

Kesalahan ini terjadi akibat sinyal yang ditangkap antena GPS terpantulkan terlebih dulu ke objek di sekeliling GPS, misalnya gedung atau batang pohon.

Artinya, yang terekam antena GPS sebenarnya posisi gedung / pohon yang memantulkan sinyal dan bukan posisi Anda berdiri. Untuk menghindari hal itu, dianjurkan pada saat mengoperasikan GPS hendaknya memilih lokasi yang relatif terbuka.

Ditulis dalam Teknologi. Tag: . Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: