Lemak Kurangi Reaksi Alergi


Lemak tak hanya jadi biang kolesterol dan bikin gemuk. Menurut penelitian yang dimuat dalam jurnal Clinical and Experimental Allergy, lemak bisa berperan mengurangi tingkat keparahan alergi.

Kesimpulan itu didapat oleh tim peneliti dari Universitas Eidenburgh, Skotlandia, setelah mengamati efek diet tinggi lemak pada tikus berbobot normal.

Para peneliti tersebut menduga, diet kaya lemak melemahkan respons tubuh terhadap alergen (zat penyebab alergi). Namun, mereka juga mengingatkan, meski bisa mengurangi tingkat keparahan reaksi alergi, diet tinggi lemak bisa mengganggu sistem imun tubuh.

“Jika orang mengkonsumsi makanan tinggi lemak sebelum menjadi gemuk, mereka mungkin lebih jarang mengalami gejala alergi. Namun, itu juga bisa mengindikasikan bahwa sistem imun tidak bekerja dengan baik. Diperlukan riset lebih lanjut untuk memastikannya,” kata dr Annick de Vries, ketua tim studi tersebut.

Dia menambahkan, riset itu mencoba melihat efek lemak di luar efek kegemukan. “Kami tetap tidak menganjurkan konsumsi diet tinggi lemak karena berisiko kegemukan dan risiko kesehatan lain. Termasuk penyakit jantung dan diabetes,” jelasnya.

Paling tidak, studi ini telah memberika pandangan lain terhadap lemak. Bahwa lemak, juga punya manfaat bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: