Manfaat Asam Folat Dalam Alpukat


Buah yang mengandung paling banyak asam folat adalah alpukat. Asam folat diperlukan terutama oleh ibu hamil dan wanita yang sedang merencanakan kehamilan, karena asam folat dapat membantu tubuh memproduksi dan menjaga kesempurnaan DNA (Deoxyribose Nucleic Acid) dan RNA (Ribonucleic acid), bahan genetik tubuh, sehingga dapat mencegah janin cacat.

Kehamilan trimester pertama merupakan masa pembentukan sistem saraf pusat janin, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Bayi yang kekurangan asam folat bisa menderita gangguan jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih, serta cacat anggota tubuh lainnya.

Asam folat sebenarnya vitamin B9, bagian dari vitamin B kompleks, jenis vitamin yang larut air. Dengan sifatnya yang larut air, vitamin ini tidak bisa disimpan lama di dalam tubuh karena setelah diambil oleh tubuh lalu dikeluarkan lewat urine. Karena itu, sebaiknya asam folat dikonsumsi setiap hari.

Kandungan asam folat dalam buah atau sayuran mudah hilang saat proses pemasakan, bahkan hingga 80%. Nah, buah alpukat adalah pilihan tepat, karena bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu diolah.

Banyak orang takut mengonsumsi buah ini karena beranggapan alpukat memiliki kandungan lemak sangat tinggi. Memang benar, kandungan lemak dalam alpukat bisa 20-30 kali lebih banyak dibandingkan buah-buahan lain. Namun perlu diketahui, lemak yang terkandung pada alpukat adalah lemak baik, yakni lemak tak jenuh tunggal, yang disebut-sebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menaikkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Satu buah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat. Jumlah ini cukup memenuhi 30% kebutuhan asam folat ibu hamil. Kebutuhan asam folat yang direkomendasikan bagi ibu hamil setiap harinya sekitar 600 mikrogram, ibu menyusui 500 mikrogram, serta perempuan dewasa 400 mikrogram. Selain asam folat dan lemak, alpukat mengandung serat yang mampu membantu mencegah sembelit yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan kadar kalium (bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan darah) pada alpukat 2-3 kali lebih banyak daripada pisang.

Selain alpukat, sumber asam folat yang lain adalah sayuran hijau, buah-buahan berwarna jingga dan merah. Asam folat juga bisa ditemukan dalam susu, pisang, jeruk, brokoli, taoge, dan kacang-kacangan (termasuk tahu, tempe).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: