Mencegah Dampak Lanjut dari Keseleo


Jika Anda senang berolahraga, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah keseleo. Keseleo, yang biasa juga disebut terkilir, terjadi ketika ligamen (otot liat seperti karet yang melekat pada tulang dan mengikat persendian pada tempatnya) pada lutut, pergelangan kaki, tangan, siku atau persendiran lainnya diregangkan mendadak sehingga ada serat-serat yang menegang, bahkan putus atau robek. Bagian yang terkilir akan terasa sakit, dan bila tidak segera diambil tindakan pemulihan akan terjadi pembengkakan pada jaringan otot.

Tindakan yang bisa Anda lakukan ketika menyadari bahwa Anda sedang terkilir/keseleo adalah:

1. Segera hentikan kegiatan agar tidak bertambah parah.

2. Untuk pertolongan pertama, kompres dingin (menggunakan air dingin atau es batu) pada persendian yang terkilir. Namun, bungkus air dingin dengan kain agar kulit tidak meradang.

3. Setelah bengkak mulai tampak hilang, lanjutkan kompres dengan air hangat.

4. Setelah dikompres, bagian tubuh yang terkilir sebisa mungkin dinaikkan setinggi posisi jantung untuk memperlambat aliran darah dan mengurangi pembengkakan.

5. Hindari mengangkat beban berat selama masih terasa sakit. Walau demikian, latihlah bagian yang terkilir dengan gerakan yang ringan agar tidak menjadi kaku dan proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat.

Untuk mempercapat proses penyembuhan, Anda dapat menggunakan jasa tukang pijat atau tukang urut yang ahli. Pijatan yang dilakukan dapat memperlancar aliran darah untuk memperkuat dan meregangkan otot. Namun, jika Anda dipijat, jangan dipijat di lokasi sendi yang terkilir, tapi daerah sekitarnya. Misalnya, yang terkilir pergelangan kaki, maka yang diurut daerah betis.

2 Tanggapan to “Mencegah Dampak Lanjut dari Keseleo”

  1. teguh iw Says:

    Boleh juga, tambah info kesehatannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: