Hidup Sehat Bersama Hewan Peliharaan


Hewan peliharaan bisa menjadi sahabat keluarga yang mampu menambah semarak suasana di rumah. Namun demikian, sebelum memutuskan hidup berdampingan dengan hewan peliharaan di rumah, ada beberapa hal yang harus dicermati agar hewan perliharaan tak berdampak buruk terhadap kesehatan.

1. Pilih secara cermat binatang yang akan dipelihara. Pastikan binatang tersebut tidak buas, jinak dan aman, dalam arti tidak berisiko menularkan penyakit pada manusia. Pastikan binatang tersebut tidak mengadakan kontak dengan binatang liar di luar rumah yang bisa jadi membawa virus atau penyakit lainnya.

2. Bawa hewan peliharaan ke dokter hewan untuk sekadar melakukan kontrol kesehatan secara rutin. Untuk anjing dan hewan tertentu, berilah vaksinasi virus-virus berbahaya sebagai tindakan pencegahan.

3. Bagi Anda yang memelihara kucing, ada baiknya melakukan tindakan preventif terhadap kucing peliharaan yang juga bisa berperan menjadi pembawa parasit toxoplasma. Toxoplasma bisa membahayakan janin bila masuk ke tubuh wanita yang sedang hamil atau yang tengah merencanakan kehamilan.

4. Jika Anda memelihara unggas, Anda harus mewaspadai kesehatan unggas yang dipelihara. Tidak hanya sekedar mendapatkan sertifikat yang menyatakan unggas tersebut sehat, namun juga perlu dilakukan kontrol secara berkala pada dokter hewan langganan untuk memastikan kesehatannya.

5. Mandikan binatang peliharaan dan bersihkan kandang serta tempat makannya secara rutin.

Dengan menjaga kesehatan hewan peliharaan Anda, maka Anda sekeluarga dapat hidup berdampingan dengan hewan peliharaan Anda tanpa merasa khawatir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: