Brokoli untuk Penderita Diabetes


Tim peneliti dari Universitas Warwick di Inggris menyebutkan, brokoli memiliki zat penting yang mampu memperbaiki dan mengembalikan fungsi pembuluh darah yang rusak akibat kencing manis atau diabetes.

Zat sulforaphane dalam brokoli diyakini memiliki peran besar dalam memulihkan kembali pembuluh darah. Jurnal Diabetes menyebutkan, sulforaphane mampu merangsang produksi enzim-enzim yang berfungsi melindungi pembuluh darah dan menurunkan molekul-molekul penyebab kerusakan sel-sel.

Dalam risetnya, tim peneliti menguji pengaruh sulforaphane dalam sel-sel pembuluh darah yang rusak akibat tingginya kadar gula darah (hiperglikemia), yang berkaitan erat dengan diabetes. Mereka mencatat adanya 73 persen reduksi molekul tubuh yang disebut Reactive Oxygen Species (ROS). Hiperglikemia dapat menyebabkan kadar ROS meningkat tiga kali lipat dan tingginya kadar molekul ini bisa merusak sel-sel tubuh.

Peneliti juga menemukan bahwa sulforaphane mengaktivasi sejenis protein dalam tubuh yang disebut nrf2, yang dapat melindungi sel-sel dan jaringan dari kerusakan dengan cara mengaktivasi antioksidan dan enzim-enzim detoksifikasi.

Para pengidap diabetes berisiko lebih besar hingga lima kali untuk terserang penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke. Kedua penyakit ini disebabkan oleh kerusakan sel-sel pembuluh darah.

Zat sulforaphane dalam brokoli dapat membantu menghadang proses yang berhubungan dengan perkembangan penyakit pembuluh darah dalam diabetes.

Brokoli termasuk dalam jenis sayuran brassica. Selain brokoli, yang termasuk dalam jenis sayuran brassica adalah kembang kol dan kubis hijau.

Untuk mendapatkan manfaat brokoli ini, Anda harus memperhatikan cara pengolahannya. Cara terbaik mengkonsumsi brokoli adalah dengan mengukus, menumis, atau memanggangnya dalam microwave dalam waktu singkat. Merebus brokoli bisa menghilangkan kandungan gizinya hingga 70 persen.

Cara penyimpanan brokoli pun harus diperhatikan. Jangan menyimpan brokoli dalam freezer, karena kandungan gizinya akan hancur saat brokoli dalam proses pelunakan pasca pembekuan di freezer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: