Mengapa Burung Bangau Sering Berdiri dengan Kaki Sebelah?


Kita tentu sering melihat burung bangau berdiri dengan kaki sebelah ketika beristirahat di pantai, rawa, lumpur dan di air yang dangkal. Apakah posisi ini selalu dilakukan burung bangau saat berdiri?

Ternyata tidaklah demikian. Hanya dalam keadaan diam sajalah, burung bangau itu bisa menjaga keseimbangannya dengan berdiri menggunakan kaki sebelah. Namun ketika berdiri di danau, kolam yang agak dalam, atau sedang menunduk mencari makan, burung bangau tidak pernah berdiri hanya dengan menggunakan kaki sebelah. Dalam kondisi-kondisi tersebut bisa dipastikan bahwa burung bangau akan berdiri dengan kedua kakinya. Karena itu dikatakan bahwa burung bangau yang berdiri dengan menggunakan kaki sebelah adalah burung bangau yang sedang bersitirahat.

Burung renang, burung suka merencah, dan burung camar pada umumnya juga  mempunyai kebiasaan seperti itu. Burung-burung itu juga seringkali berdiri hanya dengan kaki sebelah. Selain itu, berdiri dengan kaki sebelah umumnya dilakukan secara bergantian dengan kaki yang lain agar tidak terasa pegal. Selain itu, berdiri dengan kaki sebelah ternyata juga mempunyai fungsi bagi burung, yaitu agar burung dapat memandang lebih jauh untuk berjaga-jaga terhadap serangan mendadak dari musuhnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: