Robot Pendeteksi Barang Selundupan


Tim dari University of Sheffield yang didanai oleh Engineering and Physical Sciences Research Council (EPSRC) sedang mengembangkan robot pemindai pertama yang bisa mendeteksi penyelundupan narkoba, senjata, bahan peledak dan lain-lain yang disembunyikan dalam sebuah kargo barang. Robot yang dinamakan Cargo-Screening Ferret (CSF) ini nantinya akan digunakan bagi kepentingan di bandar udara dan pelabuhan.

“Kami tengah mengembangkan perangkat yang sangat sederhana, mudah digunakan namun memiliki kemampuan yang canggih,” kata Dr Tony Dodd, yang memimpin proyek ini. “Robot CSF bisa mengenali materi terkecil dalam sebuah kargo barang dan memberikan informasi yang tepat mengenai benda tersebut,” tambahnya.

Pada saat ditempatkan pada sebuah kotak berbahan baja, kaki CSF yang panjang akan menempelkan dirinya secara magnetik ke badan kotak baja. Kemudian, secara otomatis CSF yang menempel akan mengelilingi kotak, mencari tahu barang yang terdapat dalam kotak tersebut dan mengirimkan informasi ke bagian pengontrol. CSF dilengkapi dengan deretan sensor yang lebih komprehensif dan sensitif dari perangkat pemindai kargo manapun. Sensor ini dikembangkan dengan teknologi sinar laser dan fiber optik tercanggih saat ini. Dengan teknologi ini, CSF bisa mendeteksi partikel kecil dari substansi yang berbeda.

Kebanyakan pemindaian kargo saat ini masih menggunakan metode yang berbeda beda. Contohnya dengan menggunakan anjing pelacak dan pemindai eksternal untuk mendeteksi bahan peledak, senjata tajam dan obat-obatan terlarang. Pemindai yang digunakan di bandara dan pelabuhan pun hanya bisa memberikan informasi mengenai bentuk dan berat jenis suatu objek atau substansi. Sementara CSF bisa memberikan informasi yang jelas mengenai benda yang terdeteksi olehnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: