Robot ‘Bernapas’ Bikin Tenang Pemiliknya


Robot yang mensimulasikan gerakan, termasuk bernapas, memang telah banyak ada. Namun kali ini sebuah robot benar-benar bisa menghirup dan menghembuskan udara. Kemampuan itu diklaim bisa membuat tenang pemiliknya. Robot bernama Snoozy the Sloth itu dirancang sebagai sebuah boneka binatang kukang. Dirancang oleh Justin Blinder, mahasiswa Parsons The New School of Design, robot Snoozy itu sekilas nampak bagaikan boneka biasa.

Namun di balik tampilannya itu, Snoozy ternyata bisa bernapas. Bukan sekadar simulasi gerakan tubuh, robot itu mensimulasikan proses menghirup dan menghembuskan udara. Kemampuan bernapas Snoozy membuatnya mampu menenangkan pemiliknya. “Sebuah interaksi yang intim tapi pasif yang akan membuat tenang dan nyaman pemiliknya,” tutur Blinder.

Sistem pernapasan Snoozy dibuat Blinder dengan komponen elektronik Arduino, pompa diafragma kembar dan sebuah sarung tangan latek yang berfungsi sebagai paru-paru. Udara akan masuk ke sarung tangan tersebut dan menimbulkan efek menghirup napas, kemudian udara akan keluar dari sarung tangan dan berhembus melalui mulut Snoozy. Saat ini robot tersebut baru dibuat Blinder sebagai tugas mata kuliah ‘Making Toys’ di Parsons. Belum jelas apakah nantinya Blinder akan ‘menjual’ ide Snoozy untuk diproduksi secara massal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: