Apa Itu Flu Kuda?


Penyebaran berbagai virus flu yang berasal dari hewan akhir-akhir ini kian sering terjadi. Setelah flu burung dan flu babi, ternyata ada pula virus influenza yang menyebabkan flu kuda atau biasa juga disebut dengan equine influenza. Sama seperti jenis flu burung dan babi, flu kuda pun disebabkan oleh penyebaran virus Influenza A. Sesuai dengan namanya, tentu saja penyebaran virus ini menjadi endemik spesies kuda.

Dua jenis virus yang memiliki peran utama dalam penyebaran virus flu kuda adalah equine-1 (H7N7) yang menyerang otot hati serta dan equine-2 (H3N8) yang lebih ganas menyerang sistem tubuh. Penyakit ini bisa menginfeksi hampir 100 persen populasi kuda yang belum divaksinasi dan belum pernah terkena virus ini sebelumnya.

Penyebaran virus flu kuda pertama kali terjadi pada 1956. Sebelum ramai penyebaran flu kuda di India, pada 2007 silam kuda-kuda di Australia pun pernah terjangkit virus ini. Di Indonesia sendiri, pernah dilakukan karantina kuda untuk mengantisipasi penyebaran flu kuda pada 2007. Sampai sekarang memang belum ditemukan penyebaran flu kuda ke hewan lain atau manusia. Penyakit ini utamanya menyebar di antara sekumpulan kuda melalui kotoran, urin dan pupuk. Masa inkubasi flu kuda terhitung singkat yaitu selama satu hingga lima hari. Kuda yang terinfeksi flu ini akan terserang demam, batuk kering, hidung berair dan terlihat depresi dan kehilangan nafsu makan.

Ditulis dalam Kesehatan. Tag: , . 2 Comments »

2 Tanggapan to “Apa Itu Flu Kuda?”

  1. watch dogs xbox 360 Says:

    You can definitely see your expertise within the work
    you write. The world hopes for even more passionate writers like you who aren’t afraid to say how they believe. Always follow your heart.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: