Google Masukkan Web dalam Kotak


Eksperimen Google dengan teknologi pencarian seringkali menyenangkan. Contohnya adalah Google Squared yang berusaha memasukkan hasil pencarian web ke dalam kotak-kotak. Raksasa internet dari Silicon Valley itu melakukan langkah percobaan untuk memberi struktur pada berbagai informasi di situs web yang ‘berantakan’. Google Squared menampilkan hasil pencarian yang dilakukan pengguna dalam kotak-kotak berlabel yang memudahkan.

Meski masih dalam tahap awal, upaya Google Squared dalam memberi tampilan hasil pencarian yang berbeda ini patut dicoba. Sebagai contoh, pencarian dengan kata kunci ‘Manchester United’ akan memberikan hasil data pemain Manchester United, lengkap dengan foto, tempat tanggal lahir dan nama lengkap. Sedangkan pencarian dengan kata kunci merek tertentu juga bisa menampilkan produk dari merek tersebut. Misalnya, pencarian ‘toyota’ akan menghasilkan berbagai mobil toyota lengkap dengan foto, deskripsi, mesin, transmisi dan tahun produksi.

Namun, mengingat ini masih produk ujicoba, masih ada hasil pencarian tertentu yang terasa kurang pas. Misalnya, pencarian ‘Britney Spears’ menampilkan mulai dari lagu Britney, film yang pernah dibintanginya hingga nama orang terkait seperti Kevin Federline. Google pun membuka kesempatan pengguna untuk mengubah hasil Squared-nya. Mulai dari menambahkan kolom maupun baris data. Selain itu, bagi pemilik account Google, ada kesempatan menyimpan hasil Squared mereka.

Tertarik untuk mencobanya? Coba kunjungi http://www.google.com/squared.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: