Hasil liga champion: Cech bawa Chelsea imbangi Barcelona


Barcelona – Petr Cech memperlihatkan performa luar biasa dalam mengawal gawang Chelsea saat menghadapi Barcelona di laga pertama semifinal Liga Champions. Pertandingan pun berakhir 0-0.

Sejumlah penyelamatan dibuat Cech dalam 90 menit laga di Camp Nou, Rabu (29/4/2009) dinihari WIB. Alhasil, Barca yang menguasai permainan harus gigit jari karena gagal mencetak kemenangan.

Hasil 0-0 ini menguntungkan Chelsea yang akan bertindak sebagai tuan rumah di leg kedua pekan depan. Menang 1-0 atau seri minimal 1-1 sudah cukup untuk meloloskan The Blues ke partai final.

Jalannya pertandingan
Guus Hiddink selaku arsitek Chelsea tampaknya memilih untuk mengokohkan pertahanan dengan hanya menempatkan Didier Drogba di depan sendirian. Di lini tengah, ada lima gelandang dengan dua di antaranya adalah holding midfielder.

Pertandingan baru berjalan dua menit ketika Barca memetik peluang pertamanya. Berawal dari tendangan bebas Thierry Henry dari sayap kiri, bola disundul Samuel Eto’o di tiang jauh tetapi bola cuma melintas di mulut gawang.

Chelsea balik menggebrak semenit kemudian. Menerima umpan pendek dari Jon Obi Mikel, tendangan menyusur tanah dari Frank Lampard tidak menemui sasaran karena melebar.

Cech sempat membuat Chelsea berdebar ketika ia gagal menangkap bola umpan silang Henry dengan sempurna. Bola yang mental dari tangan Cech coba dikejar Eto’o tetapi bek The Blues lebih cepat menyapu bola dari daerahnya.

Menit 17, Eto’o mendapat peluang. Menguasai bola di dalam kotak penalti Chelsea, tendangan penyerang Kamerun itu tidak menemui sasaran karena keluar lapangan akibat membentur kaki Terry.

Cech mulai memperlihatkan aksinya saat pertandingan berjalan setengah jam. Sebuah tendangan Henry dari sisi kiri kotak penalti berhasil dikuasai kiper asal Republik Ceko itu dengan baik. Tiga menit kemudian, Cech menepis bola yang ditendang keras oleh Henry dari luar kotak penalti.

Melalui serangan balik, Drogba beroleh kans terbaik tim tamu di menit 38. Merebut bola dari kaki Rafael Marquez, tendangan Drogba masih bisa ditahan Victor Valdes. Di tendangan kedua, Valdes masih dengan tangguh menahan si kulit bundar.

Semenit menjelang jeda, Cech mengamankan gawangnya dengan baik setelah menjinakkan tendangan keras Andres Iniesta dari luar kotak penalti. Skor 0-0 bertahan hingga wasit mengabakan waktunya turun minum.

Memasuki babak kedua, Barca terus menggencarkan serangan. Menit 59, dari sebuah tendangan sudut, tendangan kaki kiri Lionel Messi melambung jauh di atas gawang Cech. Gagal lagi kans Blaugrana.

Satu jam lewat semenit, kembali peluang Barca menemui tembok tebal bernama Cech. Tendangan keras Dani Alves dari sayap kanan berhasil dibuang Cech keluar lapangan. Enam menit kemudian, tendangan bebas Alves melayang tipis di atas mistar.

Menit 68, sebuah aksi individu Eto’o membahayakan gawang Chelsea. Menang adu lari melawan pemain belakang ‘Si Biru’, tendangan Eto’o dari posisi yang cukup terbuka berhasil ditepis oleh Cech.

Iniesta mencoba memecahkan kebuntuan dengan penetrasinya ke kotak penalti Chelsea di menit 80. Aksi sang gelandang diakhiri dengan sepakan keras kaki kiri tetapi lagi-lagi Cech menepisnya dengan sigap.

Peluang terbaik Barca datang lewat kepala pemain pengganti, Bojan Krkic. Mendapat umpan crossing dari Alves, sundulan penyerang muda yang berada dalam posisi tak terjaga itu melambung tinggi.

Kans terakhir Barca terjadi di menit kedua injury time. Aleksander Hleb tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Cech, tetapi tendangan pemain Belarusia itu berhasil ditepis Cech. Bola rebound coba ditendang lagi oleh Hleb tetapi arahnya melebar.

Hingga peluit akhir dibunyikan wasit, skor 0-0 tetap bertahan.

Susunan pemain
Barcelona: Valdes; Dani Alves, Marquez (Puyol 52), Pique, Abidal; Xavi, Toure Yaya, Iniesta; Messi, Eto’o (Bojan 82), Henry (Hleb 87)

Chelsea: Cech; Ivanovic, Alex, Terry, Bosingwa; Mikel, Ballack (Anelka 90), Essien, Lampard (Belletti 71), Malouda; Drogba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: